Sejarah SBC

Berawal dari keinginan mengembangkan potensi batik, muncullah ide awal mengenai karnaval batik yang dicetuskan oleh salah seorang pengusaha dari kota Solo. Dengan menggaet Dynand Fariz (creator Jember Fashion Carnival) dalam pembuatan konsep awal karnaval, terlahirlah Solo Batik Carnival. Konsep awal tersebut kemudian didiskusikan dengan Walikota Solo selaku pemangku kepentingan tertinggi. Bak gayung bersambut, Ir. Jokowi-pun mempertemukan mereka dengan Kepala Dinas Pariwisata Tahun 2008. Kemudian dibentuklah kepanitiaan dan memulai perekrutan peserta dan volunteer. Dalam era awal terbentuknya SBC, kritikan dan kesangsian banyak muncul dari para pegiat seni, dikarenakan desain yang digunakan sebagai kostum karnaval dianggap menyimpang dari nilai nilai batik. Akan tetapi dengan maksud dan tujuan yang baik, bahwa gagasan awal karnaval ini adalah sebagai bentuk eksplorasi batik dengan berdasar pada nilai nilai luhur batik, maka Solo Batik Carnival pun dapat diterima oleh semua elemen masyarakat termasuk para penggiat kesenian di Surakarta.

SBC 1 : event pertama SBC digelar tanggal 13 April 2008. Mengangkat tema kesenian wayang SBC pertama mampu menyedot antusiasme masyarakat Solo. Tak ayal, media cetak jakarta post dan BBC online turut meliput event ini. Gelaran pertama ini juga mampu mendongkrak ekonomi pengusaha yang bergeliat di bidang batik.

SBC 2 : memasuki tahun kedua, Solo Batik Carnival lebih mengeksplorasi batik. hal itu terlihat dari tema “Topeng” yang di aplikasikan dalam kostum batik. Karnaval yang digelar pada 28 Juni 2009 ini semakin membuat masyarakat antusias dengan Solo Batik Carnival.

SBC 3 : pada event ketiga yang digelar tanggal 23 Juni 2010, SBC mengangkat tema yang lebih luas, yaitu “Sekar Jagad” yang meliputi flora dan fauna. Ratusan peserta terlibat dalam karnaval dengan rute Sepanjang jalan raya Slamet Riyadi.

SBC 4 : Roro jongrang, Ande-ande Lumut, Ratu Pantai Selatan, dan Kencana Wungu atau yang disebut dengan “Sang Legenda” menjadi tema gelaran SBC kali ini. Berbeda dengan SBC tahun sebelumnya, SBC kali ke 4 ini di gelar pada malam hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: